7 Tips Mudah Mempersiapkan Anak Outbond

Outbond makin ramai dilakukan oleh sekolah-sekolah belakangan ini. Mulai usia Taman Kanak-kanak sampai Sekolah Menengah Atas, kegiatan ini marak dilakukan. Selain sebagai sarana rekreasi, outbond berguna untuk mengenalkan anak dengan dunia nyata agar tidak melulu berkutat dengan teori di kelas. Juga sebagai sarana ekspresi, menghilangkan kejenuhan, membangun kerja  sama, dan menumbuhkan keberanian.

Kegiatan yang awalnya dilakukan sekolah tertentu ini mulai merata dilakukan banyak sekolah. Bila dilakukan anak di atas kelas tiga SD, orang tua mungkin tidak terlalu cemas. Akan tetapi, bagaimana jika dilakukan anak Taman Kanak-kanak, kelas satu, dan kelas dua?

Mereka yang masih terlalu kecil mungkin tidak terlalu mengerti apa tujuan dan manfaat outbond. Anak-anak itu hanya merasakan kebahagiaan dan kegembiraan bersama guru dan teman-teman. Bagi mereka, outbond adalah sarana rekreasi yang menyenangkan. Itulah sebabnya, anak-anak selalu bersemangat menjalaninya.

Bagaimana dengan orang tua? Tidak sedikit orang tua yang merasa was-was bila anak yang masih TK, kelas satu, dan kelas dua mengikuti outbond. Bagaimana anak di jalan, apakah guru-guru mampu menjaga semua anak dengan baik, apakah anak-anak tidak dalam bahaya, bagaimana bila BAB atau BAK?

Sederet pertanyaan di atas bersama pertanyaan lain membuat para orang tua terus dilanda cemas saat anak outbond. Syukurlah, di sekolah anak kami, SD Muhammadiyah 12 Surabaya, para guru sudah mengantisipasi kecemasan wali murid dengan cara sering meng-update kabar terkini anak-anak di grup WA. Sedang apa, bersama siapa, sampai jam berapa, semua jelas dan tidak perlu dikhawatirkan. Sekolah yang memiliki icon Sekolah Hafidz Quran ini tidak terlambat memberitakan kondisi anak-anak di tempat outbond.

Demikian pula hari ini, saat Hanif yang masih duduk di kelas satu, outbond di Kenjeran dan Suramadu. Penjelasan tertulis telah disebar beberapa hari sebelumnya sehingga orang tua sudah mempersiapkan diri. Komunikasi intensif melalui WA juga terus dilakukan sehingga hal-hal penting terkait keberangkatan anak sudah tuntas dibahas sebelum hari H.

Sebenarnya, ada hal-hal penting yang sebaiknya dilakukan orang tua saat anak akan berangkat outbond. Apa sajakah itu? Yuk, simak uraian berikut ini.

1. Siapkan Bekal Sesuai Jarak Tempuh

Akan ke mana anak outbond dan sampai berapa jam harus diketahui orang tua agar mempersiapkan jumlah bekal yang dibawa. Tidak hanya makanan yang disiapkan, tetapi juga perlengkapan, peralatan, obat-obatan, dan lainnya. Jangan sampai anak kekurangan atau kelebihan agar anak nyaman di perjalanan dan di tempat outbond.

2. Siapkan Bekal Makanan yang Tepat

Pastikan anak membawa makanan sesuai keinginan dan kebiasaannya. Jauhkan anak dari makanan yang membuatnya sakit perut atau mual agar anak selalu sehat.

3. Ingatkan Anak untuk Tidak Memisahkan Diri dari Rombongan

Pesan penting ini harus beberapa kali disampaikan kepada anak. Saat malam sebelum tidur dan pagi sebelum berangkat tidak boleh lupa mengingatkan hal ini. Ingatkan pula untuk memberi tahu gurunya saat akan BAB atau BAK agar tidak tertinggal.

4. Bawakan Uang Seperlunya

Bila ada anjuran membawa uang, pastikan anak membeli barang yang benar-benar dibutuhkan, bukan sekadar diinginkan. Ajak anak memilah dan memilih sejak dini mana kebutuhan dan maba keinginan. Oleh karena itu, orang tua harus memberi anak uang seperlunya saja.

5. Ceritakan Anak tentang Tempat Outbond

Guru di sekolah tentu sudah memberitahukan hal ini. Namun, orang tua juga perlu menyampaikan  agar anak lebih antusias dan merasakan betapa orang tua mendukung kegiatannya.

6. Siapkan Kantong Plastik

Orang tua tidak tahu apakah anak akan muntah atau tidak. Sebaiknya disiapkan saja agar tidak kesulitan bila benar-benar terjadi. Siapkan juga kantong plastik untuk pakaian kotor agat tidak bercampur dengan yang bersih.

7. Ingatkan Anak Saat Naik dan Turun Kendaraan

Penting diperhatikan anak bahwa saat naik turun bus atau kendaraan apa saja tidak perlu terburu-buru agar aman dan tidak jatuh. Tidak perlu berlarian saat turun kendaraan dan pastikan anak tahu untuk tidak mendekat ke jalan raya karena sangat berbahaya.

Demikian tujuh hal yang penting diperhatikan orang tua sebelum anak berangkat outbond. Jangan lupa mengingatkan anak untuk melatih kemandiriannya saat jauh dari orang tua. Semoga kegiatan yang bertujuan untuk rekreasi dan belajar bersama di luar ini dapat menambah wawasan dan pengalaman anak.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like