7 Kiat Merawat Wajah Usia 40 Tahun Keatas

Assalaamu’alaikum

Hai, Sobat Pembaca

Kulit wajah tidak lagi halus dan kenyal saat usia bertambah. Penuaan dini dimulai saat memasuki usia 30 tahun dan makin nyata mulai usia 40 tahun. Merawat wajah harus lebih intens dilakukan agar kulit wajah cerah dan selalu bersih.
Apakah Anda termasuk orang yang sangat peduli pada perawatan wajah? Atau biasa-biasa saja dan cenderung menggampangkan? Mulai sekarang, jangan lagi meremehkan hal ini karena akan berdampak sangat serius pada penampilan. 
Meskipun bukan utama, penampilan menambah kepercayaan diri dan otomatis akan meninggallan kesan yang baik dalam sosialisasi, di mana pun berada.
Kulit Anda membutuhkan perawatan khusus pada usia 40 tahun keatas.  Jangan dikira  sama dengan ketika Anda berusia 20 tahun dengan kulit yang lembut dan halus. Mulai usia ini, kerutan dan kendur jauh lebih jelas. 

Memasuki usia 40 tahun, perawatan kulit wajah difokuskan pada pengencangan dan pencegahan penuaan dini. Jadi, tidak lagi sekadar agar wajah bersih dan cerah saja. 

Bila ingin tetap cantik di usia ini, tenang saja. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Perawatan harian sendiri dengan biaya yang lebih murah bisa dilakukan di rumah, asalkan Anda melakukannya dengan rutin dan disiplin.
Berikut ini kiat merawat kulit tetap cerah dan awet muda di usia 40 tahun keatas.
1. Cuci Wajah Setiap Hari
123rf.com
Mencuci wajah dengan sabun sangat dianjurkan pada usia ini. Selain membersihkan debu dan kotoran yang menempel di wajah, sabun wajah juga bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah yang menyebabkan wajah terlihat kusam, kering dan kasar.
Meskipun harus rutin dibersihkan, bukan berarti terlalu sering, ya. Wajah yang bersih memang terasa begitu nyaman. Namun, terlalu sering mencuci wajah akan membuat makin banyak minyak alami yang dibersihkan. Wajah pun jadi makin banyak memproduksi minyak. Duh, pasti tidak nyaman, kan?
2. Gunakan Pelembab
Freepik.com
Penurunan jumlah estrogen dalam tubuh membuat kulit makin kering di usia ini. Itulah sebabnya, perlu lebih banyak pelembab agar tidak kasar ketika digaruk, terlindung dari sinar ultraviolet dan efektif menghilangkan komedo.

Pilih pelembab berbahan dasar air. Untuk kulit yang berminyak, hindari memilih produk pelembab dan krim mengandung minyak untuk melembabkan. 

Bahan dasar air tidak memberatkan, tetapi melembabkan tanpa membuat kulit jadi makin berminyak.
3. Rutin Memakai Tabir Surya
Freepik.com
Jangan abaikan pemakaian tabir surya! Pemakaian setiap hari dapat mencegah hiperpigmentasi pada wajah. Juga membantu meremajakan kulit wajah dan mengurangi risiko terkena kanker.
4. Memakai Krim di Area Mata
123rf.com

Krim khusus area mata sangat dianjurkan bagi Anda untuk mencegah kerutan di area mata dan menghindari lingkaran di bawah mata. Namun, hindari menggosok terlalu kuat di area mata karena area ini tipis dan sensitif. Krim mata dengan pemakaian teratur juga bisa menjaga elastisitas kulit area mata agar tetap kencang.
5. Hindari Eksfoliasi Wajah Berlebihan

123rf.com

Eksfoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit wajah adalah salah satu perawatan wajah yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran, seperti debu, sisa make up, dan sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Salah satunya, kita mengenalnya dengan scrub. 
Sebaiknya, scrub tidak dilakukan berlebihan agar tidak terjadi iritasi yang menjadikan kulit wajah makin kering dan proses penuaan lebih cepat terjadi. Sayang sekali, kan? Maksudnya merawat, eh … malah merusak.
6. Gunakan Skincare yang Mengandung Vitamin C

123rf.com
Produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C berguna untuk menyamarkan bintik-bintik gelap karena hyperpigmentasi.
Vitamin C merupakan vitamin alami yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit karena mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit wajah. Tidak hanya itu. Vitamin C juga membantu proses penyembuhan dan regenerasi kulit wajah yang sedang bermasalah.
7. Hindari Makanan Terlalu Berminyak

123rf.com
Makanan berminyak dapat membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak. Minyak yang digunakan untuk menggoreng mengandung omega 6 tinggi dan karenanya berkontribusi pada ketidakseimbangan hormon.

Yang mengerikan, bila akibat makan makanan berminyak jadi gaya hidup, kita jadi sulit menghindar dari kebiasaan ini. Alhasil, wajah jadi mudah berjerawat.

Sebaiknya, makan makanan sehat, seperti buah dan sayur yang diperbanyak untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu, asupan gula yang berlebihan akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tingginya tingkat insulin ini akan memicu produksi sebum di permukaan kulit. Sebum inilah yang kemudian menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.
Review Wardah Renew You Anti Aging Facial Wash


Memenuhi permintaan konsumen, khususnya usia 30-40 tahun keatas, Wardah menghadirkan sabun wajah  yang tidak saja membersihkan dan mencerahkan, tetapi juga efektif mengangkat sel kulit mati.
Wardah Renew You Anti Aginh Facial Wash 100 ml merupakan produk pembersih wajah dari Wardah Research Laboratory untuk merawat kulit wajah yang mengalami tanda-tanda penuaan dini dan dapat membantu mengatasi semua masalah kulit wajah usia 30-40 tahun keatas.
Informasi Produk:
– Netto 100 ml
– POM NA18171203062
– Halal certified.

Klaim
– Menyegarkan dan mencerahkan;
– Mengangkat kotoran, sisa make up, dan  minyak berlebih;
– Menjaga kelembaban kulit;
– Mengangkat sel kulit mati.

Kemasan
Kemasan berbentuk tube berwarna ungu dengan tutup warna putih model fliptop. Tidak ada kotak kemasan dan segel untuk pengamanan. Saya kadang berpikir kalau kemasannya kurang higienis seandainya ada yang iseng buka tutupnya. Jadi tidak ketahuan juga  itu produk baru atau pernah dipakai.

Harga:

Rp. 30.000,00 – Rp. 35.000,00

Bahan:

Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Potassium Cocoyl Glycinate, Cocamidopropyl Betaine, Lactic Acid, Panthenol, Propylene Glycol, Sodium Chloride, DMDM Hydantion, Guar Hydroxpropyltrimonium Chloride, Fragrance, Glycolic Acid, Salicylic Acid, Disodium EDTA, Glycerin, Vaccinium Myrtillus (Bilberry) Fruit/Leaf Extract, Saccharum Officinarum (Sugar Cane) Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Extract, Citrus Medica Limonum (Lemon) Fruit Extract, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Palmitoyl Tripeptide-5.

Tekstur dan Aroma
Tekstur gel bening, tanpa scrub, dan lembut saat dipakai. Busanya tidak terlalu banyak dan seperti berminyak.
Cara Pakai
Tuangkan secukupnya pada telapak tangan yang telah dibasahi dan busakan. Usapkan pada wajah pijat lembut dan bilas hingga bersih.
Dibanding facial wash Wardah yang lain, varian wardah yang ini busanya tidak terlalu melimpah.

Dengan pemakaian rutin dan teratur, Anda akan mendapatkan wajah yang kesat bersih, cerah dan lembut, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Asyik, kan? Lakukan 7 kiat di atas untuk hasil maksimal sekaligus mencegah tanda-tanda penuaan dini.
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Melepas Asa

Aku sudah sampai di depan kamar Winda. Beberapa menit yang lalu, Tante Hesti, Mama Winda, meneleponku dengan panik…