Menikmati Manfaat Mandi Subuh Bagi Ibu Rumah Tangga

Hai, Sobat Pembaca

 Assalaamu’álaikum 

 

Mengawali hari dengan menikmati manfaat mandi subuh bisa membuat suasana hati kita baik seharian. Masih dalam suasana pandemi, masih semangat mengisi hari-hari dengan aktivitas yang bermanfaat? Bagi kita kaum ibu, sesekali rebahan dan curi-curi waktu untuk me time bolehlah, ya …. Sekadar menyesap nikmatnya kopi (bagi yang suka kopi), meneguk secangkir teh hangat ditemani buku bacaan favorit di teras, atau menonton acara memasak di TV, bisa menjadi penghilang stres setelah beraktivitas seharian. 

 

Bahagia itu diciptakan, bukan? Bahagia bukan ditunggu kehadirannya seperti menunggu hal yang tidak pasti. Bersyukurlah … maka kita akan bahagia. Tidak perlu menunggu rasa bahagia baru bersyukur. Sejatinya, segala yang kita hadapi, yang kita rasakan, yang dengan mudah bisa kita nikmati, adalah bentuk rasa syukur. Setuju? Salah satu cara bahagia bagi ibu adalah dengan menikmati manfaat mandi subuh setiap hari

 

Menjadi Ibu dan Istri Bahagia Itu Pilihan 

 

Menjadi perempuan adalah takdir yang harus dijalani. Akan tetapi, menjadi ibu bahagia itu pilihan. 

 

Anda mungkin sepakat, bahwa kunci kebahagiaan anak-anak dan keluarga adalah ibunya bahagia. Ibulah yang memberi semangat dan energi bagi seluruh anggota keluarga. Kita menemukan banyak kasus anak-anak yang melakukan kejahatan, bahkan sejak usia dini. Jiwa mereka gersang dan haus akan kasih sayang ibu. Bandingkan dengan anak-anak yang mendapat perhatian dan kasih sayang dari ibunya. Mereka lebih bersemangat dan lebih memiliki kontrol diri karena senantiasa mendapat arahan dari ibu. 

 

Baca juga:

Berpikir Positif: Cara Mudah Kelola Emosi Ibu Rumah Tangga

 

Namun, dengan tugas-tugas domestik ibu yang menumpuk, bagaimana menjadi ibu rumah tangga yang bahagia agar dapat menularkan kebahagiaan bagi seluruh anggota keluarga? Anda mungkin juga berpikir demikian. Merasa sudah punya banyak waktu dengan keluarga, di samping aktivitas pribadi Anda yang lain. Namun, kadang ada rasa jenuh dan ingin istirahat yang lebih dari biasanya. Hmm …. Anda tidak sendiri. Banyak ibu yang mengalami hal yang sama, tetapi tidak mampu melepaskan diri dari rasa jenuh dan bosan. Jika Anda menyadari bahwa hal itu, tidak tepat bila Anda tidak melakukan upaya mewujudkannya, bukan?

 

Bahagia dengan Bangun Pagi dan Mandi Subuh

,

Banyak yang sudah membuktikan bahwa mandi pagi memberi dampak positif bagi kesehatan, baik fisik maupun psikis. Simak manfaat mandi pagi berikut ini.

 

1. Membuat Hati Bahagia

 

Boleh percaya boleh tidak, guyuran air dingin yang mengenai kulit dan pori-pori tidak hanya dapat membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran kita, Dingin dan segarnya udara dapat memperbaiki suasana hati dan membuat bahagia menjadi baik sepanjang hari.

 

2. Meningkatkan Produktivitas

 

Sebuah survei membuktikan bahwa bangun dan mandi pagi dapat membuat produktivitas meningkat karena suasana hati yang baik. Bayangkan bila Anda bangun pagi dan langsung beraktivitas sebelum mandi terlebih dahulu. Tentu Anda akan diserang rasa gerah, cepat lelah, dan kurang semangat karena badan belum bersih.

 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

 

Sebuah sumber yang akurat menyebutkan bahwa mandi pagi dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Jika rutin bangun pagi, tubuh Anda akan kuat menjalani aktivitas harian dengan semangat dan tidak mudah penyakit terserang. 

 

Mereguk Nikmatnya Manfaat Mandi Subuh

 

Tahukah Anda? Tubuh kita ini sebenarnya dirancang untuk berfungsi pada pagi hari. Jam biologis kita secara otomatis menyuruh kita bergerak sehingga mendapat cukup sinar matahari agar dapat mencegah berbagai penyakit, seperti kekurangan vitamin D, kegemukan, dan sebagainya. Orang-orang dengan kebiasaan bangun pagi relatif akan memperoleh banyak kemudahan dalam beraktivitas karena tubuh dan pikiran masih segar.

 

Bagi Anda ibu rumah tangga yang sibuk, jam berapa pun mulai tidur, usahakan selalu bangun pada jam yang sama. Ritme yang tetap semacam ini akan membuat tubuh Anda seperti punya semacam alarm yang membangunkan pada kisaran waktu yang tetap. Lebih pagi Anda memulai hari, akan merasa lebih punya banyak waktu untuk mengatur jadwal harian. Bila Anda memilih bangun pagi dan langsung mandi, terutama sebelum Salat Subuh, kemudian dilanjutkan dengan ibadah, tubuh Anda akan lebih siap diajak berjibaku dengan rutinitas harian yang menuntut Anda memiliki tenaga yang melimpah dan hati yang lapang.

 

Anda akan lebih memiliki energi untuk menghadapi pasangan yang kadang tak tertebak maunya, mengatasi aneka masalah anak dengan segala kerewelannya, dan menyelesaikan tugas domestik tanpa asisten yang bagai tak ada henti. Juga kesibukan pribadi lain, seperti bergabung dengan komunitas, menekuni hobi, atau menjadi pekerja paruh waktu. 

 

Bagi Anda yang belum terbiasa bangun dan mandi pagi, jangan khawatir. Mengetahui dan merasakan manfaatnya akan membuat Anda lama-lama terbiasa. Wajar bila Anda merasa sudah dan tersiksa pada awalnya. Dengan menikmati manfaat mandi Subuh, Anda akan mereguk kebahagiaan dari aktivitas kecil yang berdampak besar ini. 

 

Bukankah kunci kebahagiaan tidak selalu bersumber dari hal besar? Terkadang Anda mendapatkannya dari hal kecil, seperti merutinkan bangun dan mandi pagi. 

 

Anda sudah merutinkan diri bangun pagi? Apakah Anda  juga mereguk manfaat mandi Subuh? Tulis cerita Anda di komentar, ya ….

 

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

 

Salam Santun,

 Dian Rahayu

 

 Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like